Cara Mengkoneksikan Headphone/Headset Bluetooth ke PC/Laptop



Bismillah..
Alhamdulillah saya sudah bisa membuat artikel lagi setelah sempat mogok beberapa kali karena kurangnya mood dan motivasi hehehe. Kali ini kenapa saya sempatkan membuat artikel karena menurut saya artikel ini masih belum banyak diulas di blog-blog lainnya atau mungkin saya yang pertama membuat artikel tentang cara mengkoneksikan headset bluetooth ke laptop ini dan mungkin juga banyak yang mencari cara untuk bisa menghubungkan headphone/headset bluetoothnya ke laptop/pc. Lagipula untuk bisa menghubungkan sebuah headset bluetooth ke laptop bisa dibilang tidaklah semudah saat kita mencoba menghubungkannya dengan perangkat ponsel maupun tablet kita. Jika sobat membaca artikel ini tentunya sobat blogger lagi bingung untuk menghubungkan headset bluetoothnya ke laptop yang support bluetooth. Jika iya silakan simak baik-baik artikel ini. Saya sertakan gambar di tutorialnya agar sobat mudah memahaminya :D
Langsung saja ke pointnya.

Yang dibutuhkan :
  • laptop yg include bluetooth, jika pc/laptop tidak support bluetooth bisa beli usb bluetooth biar bisa untuk pairing bluetooth
  • of course headphone/headset bluetooth
  • driver Bluetooth_Broadcom_6.2.1.500_W7x86W7x64_A, downlad disini
  • akal

Langkah-langkahnya:
  1.  jika sudah sukses terinstal, kita masuk ke perangkat bluetooth laptop dengan cara klik 2x pada icon bluetooth di systemtray. Jika tidak ada cari di start windows dengan menuliskan "bluetooth".
  2. lalu akan muncul jendela bluetooth device, pilih add device dan laptop siap untuk melakukan scanning perangkat bluetooth
  3. Langkah selanjutnya siapkan headset bluetooth kesayangan sobat dan hidupkan sampai headset siap untuk pairing/dihubungkan (biasanya ada lampu led pada perangkat headset untuk menandakan headset bluetooth siap dihubungkan)
  4. Lalu perangkat bluetooth akan terdeteksi di laptop, selanjutnya pilih dan klik next. Setelah itu akan muncul pesan yang isinya bahwa perangkat telah sukses disandingkan dengan laptop. Tunggu dulu ini bukan berarti headset bluetooth kita sudah bisa digunakan, belum bisa!
  5. Yang diperlukan selanjutnya yaitu  instal driver bluetooth broadcom yang sobat unduh tadi, langsung klik next-next aja dan install

  6. Setelah selesai menginstalnya, kita buka lagi display bluetooth device di laptop kita. Disana tentunya sudah ada device bluetooth yang kita sandingkan tadi. Caranya agar bisa paired dengan headset kita yaitu dengan klik kanan lalu pilih control seperti pada gambar
  7. Selanjutnya tinggal klik connect aja, dan taraaaa pada headset bluetooth anda akan berbunyi "device connected" artinya headset bluetooth berhasil terhubung dengan laptop kita. Lalu silakan di test soundnya udah masuk apa belum ke headset bluetooth :D
 Lhoh kok suaranya masih di laptop gan? iya karena pengaturan soundnya yang aktif masih di laptop gan, padahal yang kita inginkan adalah keluaran suaranya ada di headset bluetooth kita benar kan? Caranya mudah yaitu dengan klik kanan pada icon volume di system tray, lalu klik playback device.



Nanti akan muncul jendela baru, nah disana akan terlihat speaker yang aktif. Kamu ubah defaultnya menjadi device headset bluetooth kamu (pilih saja yang ada embel-embelnya bluetooth hands-free audio). Lalu klik OK.


Jika ingin suaranya kembali ke speaker laptop tinggal ubah defaultnya ke speaker laptop lagi.
SELESAI. Semoga membantu. Jika ada pertanyaan silakan tanyakan lewat komentar.

Keywords:
cara menghubungkan headset bluetooth ke pc laptop, cara mengkoneksikan headphone bluetooth ke laptop, cara pairing headset bluetooth ke laptop / pc. Cara menggunakan headphone bluetooth, cara menggunakan headset bluetooth di laptop, komputer, pc

credit :
I say thanks to : HCRepairs. See the video below https://www.youtube.com/watch?v=JLuzJJise1k

Comments

  1. hallo admin
    boleh minta versi yg terbaru drivernya
    yg diatas tidak bisa di download lagi thx

    ReplyDelete
  2. @kingthunder: link download masih bisa, barusan saya check masih aktif. Klik dulu i'm not robot sampai tanda centang hijau muncul., lalu klik tombol download. Setelah itu klik pada tulisan Bluetooth_Broadcom_6.2.1.500_W7x86W7x64_A.zip nanti otomatis akan mendownload drivernya

    ReplyDelete
  3. ini cocok buat win 10 ga drivernya min??

    ReplyDelete
  4. Ini klo laptop nya beda gmn? Ane punya lenovo...
    Soalx sehabis pairing diminta driver headset bluetooth nya sementara gk ad cd dan check update driver online gk mau

    ReplyDelete
    Replies
    1. CARI DI GOOGLE drivers bluetooth nya yg terupdate.. tiap merk laptop punya driver masing2

      Delete
  5. min mau tanya kalo bluetooth hands-free audio nya ga muncul di layback device itu knapa ya?

    ReplyDelete
  6. udah sama persis malah pas dikonekan muncul "A connection attempt has failed. Make sure that device S460 is turned on and try again"
    mohon solusinya

    ReplyDelete
  7. kok muncul tulisan "no device detected" padahal sudah ada bluetoothnya

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah,,,headset bluetooh saya akhirnya connect ke laptop, sdh seminggu lebih saya otak atik cari solusinya, terima kasih banyak.

    ReplyDelete
  9. kok waktu install drivernya malah keluar tulisan no bluetooth device was detected, padahal udah kepasang di laptop, laptop aku compaq gan, mohon bantuannya

    ReplyDelete
  10. min kok pas mau ke control ada bacaan an error occured when initializing this operation.try restaring your computer and/or the bluetooth device..udah coba ane restart laptop sama headsetnya tapi ttp aja kyk gitu..mohon balas ya min

    ReplyDelete
  11. Sama kaya atas ane bro...mnta bantuannya donk tolonh..

    ReplyDelete
  12. Kalo ane udah connect tp suara nya putus2. Itu gmna gan ?

    ReplyDelete
  13. Kalo ane udah connect tp suara nya putus2. Itu gmna gan ?

    ReplyDelete
  14. Terimakasih Gan... sangat bermanfaat, tanpa kendala sama sekali...
    Sekali lagi terimakasih gan... semoga ilmunya bertambah & bermanfa'at... amiin

    ReplyDelete
  15. yes! it works! thanks gan.. panduannya lengkap. Udah browsing ke mana2 baru di sini bisanya haha.. yg lain sih bikin panduan asal-asalan

    ReplyDelete
  16. drivernya khusus acer ya gan? laptop saya dell soalnya. mohon tolong bantu, saya pengen banget headphone maupun speaker saya bisa terkoneksi dengan laptop menggunakan bluetooth.

    ReplyDelete
  17. driver emang tertulis acer, tapi itu sebenarnya bisa untuk semua merk.. sudah saya coba di laptop HP Pavilion saya

    ReplyDelete
  18. thanks bang..... infonya membantu bgt.

    ReplyDelete
  19. Saya mau tanya dong saya udah download tp pas ikutin caranya di laptop saya pas add device bluetoot spiker saya ga ada di laptop saya ya itu kenapa kalo boleh tau??

    ReplyDelete
  20. Terimakasih gan.
    masalah saya terselesaikan. :-D

    ReplyDelete
  21. kok muncul tulisan "no device detected" padahal sudah ada bluetoothnya

    ReplyDelete
  22. Mantaapp gaann..saya coba connect BLUEDIO dengan Notebook DELL saya berhasilll...TERIMAKASIH BANYAK GAANN !!!

    ReplyDelete
  23. kenapa speaker saya seperti menolak koneksi dari laptop ya ??

    ReplyDelete
  24. mantap min...sukses...pake speaker xiaomi laptop sony jadul...Terima kasih banyak..

    ReplyDelete
  25. Gk bisa diinstall :(

    ReplyDelete
  26. thx bgt gan, aku berhasil atas pertunjuknya.

    ReplyDelete
  27. Niche Info Admin, Thanks for Your share ... GOOD JOB

    ReplyDelete
  28. kalau tulisan waktu mau instal driver nya gini "no bluetooth device was detected".
    solusinya gimana ya? tolong dibantu pls

    ReplyDelete
  29. makasih tutorial nya mas bro, working di device saya.
    catatan: jangan terlalu jauh menyimpan device saat proses pairing

    ReplyDelete
  30. http://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers untuk accer dunlud dimari..semua teratasi ga cuma headset..perangkat audio pun bisa pindah suaranya hahahaha....

    ReplyDelete
  31. Thx gaan.. ane udah stress cari dimana-mana
    untung sekarang udah bisa

    ReplyDelete
  32. Mantap gan,good job,,,akhirnya konek juga speaker bluetoothnya ke laptop ane setelah install driver bluetooth broadcom,,,artikel yg sangat bermanfaat,,,terima kasih

    ReplyDelete
  33. min, kok pas dipilih control ga bisa yah, "this operation failed to initialize".
    tolong donk yg tau caranya .

    ReplyDelete
  34. kalau tulisan waktu mau instal driver nya gini "no bluetooth device was detected".
    solusinya gimana ya? tolong dibantu pls

    ReplyDelete
  35. Thanks info nya gan.... Boleh di coba nih....;)

    ReplyDelete
  36. Gan kenapa gabisa ya , November device detected

    ReplyDelete
  37. Ko masih blom bisa ya di play back devicenya ga muncul gan knapa ya..?mohon infonya dong suhu makasih

    ReplyDelete
  38. admin mau tanya bagaimana cara seting coneksi memindahkan audio suara lapytop pindah ke speker aktip lewat bluetot , bluetotnya sudah tersambung tapi suara masih tetap di laptop

    ReplyDelete
  39. gan koneksi gagal terus itu gimana ? apakah bluetooth headsetnya, karena bluetooth headset saya itu nyambung ke speker aktif yang jadi bluetooth mode

    ReplyDelete
  40. Gan knpa linknya gak bisa di download? gagal mulu

    ReplyDelete
  41. Kalau ngak terdeteksi gimana fan?

    ReplyDelete
  42. Gan untuk win 7 16 bit sih

    ReplyDelete
  43. gan... sy headset blutooth nya sdh terkoneksi dg laptop (laptop sy tnpa bluetooth tp sudah sy pasangkan blutooth portable) dan sdh terkoneksi. tp suara tidak keluar ke headset. sy ikuti cara agan dg klik kanan pd bagian volume. tp tdk ada pilihan plyback sprti yg digmbr agan. bagaimana ya ? tolong dibantu gan...

    -My_phoenixs@yahoo.com-
    makasihh

    ReplyDelete
  44. mantap tipsnya gan ntar, cuma pengalaman ane dulu beli headset bluetoot mahal gan, yang murah suaranya kya kaleng gan lol, btw gan kok udaa jarang update? kasian fans kelamaan nunggu artikel baru hehe

    ReplyDelete
  45. manappp, makasih mimin

    akhirnya connect juga ke speaker bluetooth ane...suwun

    ReplyDelete
  46. nggak bisa gan... nggk muncul di playback divice

    ReplyDelete
  47. artikel hasil copy to paste,ya gini jadinya,banyak keluhan satu pun tiada jawaban

    ReplyDelete
  48. trims min, it's work ...mantabh djiwa

    ReplyDelete
  49. kalo pairingnya minta code gmn gan? Sedangkan bluetooth speaker gabisa ngetik :')

    ReplyDelete
  50. bluetooth sudah konek tapi di playback tidak ada icon speaker bluetooth solusinya gimana master?

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih