Cara Mengecilkan Size Video tanpa Mengurangi Kualitas Aslinya

       Halo sobat blogger. Kali ini Zamedaku Share mencoba bangkit lagi dari dunia blogging setelah beberapa bulan tidak update blog, artikel hangat yang baru-baru ini saya share adalah download adobe photoshop cs5 portabel. Kembali ke topik, kali ini zamedaku akan share mengenai cara mengecilkan ukuran atau size video tanpa mengurangi kualitas aslinya dengan Cyko, cara ini berbeda dengan konvert video yang juga dapat mengecilkan size video. Cara mengecilkan size video tanpa mengurangi kualitas aslinya lebih sering diistilahkan sebagai encoding. Encoding sendiri adalah proses untuk mengubah sinyal ke dalam bentuk yang dioptimasi untuk keperluan transmisi data atau penyimpanan datanya, istilah gampangnya ialah kompresi sutau data kedalam bentuk kode-kode tertentu.
       Cara encode ini biasa digunakan oleh pengupload film-film atau anime untuk mendapatkan size yg kecil dan kualitas yang tetap terjaga. Dan cara yg saya berikan ini adalah salah satu cara dari beberapa cara yg ada yang dibilang cara mudah dan simpel.

Alat yang dibutuhkan :
Cara menggunakan Cyko+HandbrakeCLI :
INFO : klik gambar untuk diperbesar.
  1. jalankan dulu handbrakeCLI.exe , nanti akan muncul command prompt dan hilang dengan cepat
  2. lalu buka Cyko.exe , dan masukkan filmnya lewat add source file (contoh disini saya akan encode anime "Another" dengan size 148Mb)
    setelah film masuk ke cyko, pilih tempat outputnya nanti
  3. lalu masuk ke tab option dan lakukan settingan sama seperti berikut
     value : 26
     height : 480
     audio bitrate : 50
    Untuk keterangan masing2an settingan lihat pada softwarenya langsung.
  4. lalu klik scan
    setelah itu akan masuk ke tab outputs, tinggal klik encode!
  5. tunggu prosesnya hingga selesai..

    lamanya encode dipengaruhi oleh settingan seperti langkah 3 tadi dan kualitas video tersebut. Settingan tidak harus sama seperti yg saya berikan, itu hanya contoh yg biasanya saya gunakan saja.
  6. dan ini hasil dari encode yg berhasil saya lakukan dengan size yg semula 148Mb hanya menjadi 30Mb
sumber inspirasi : http://pfv-tkj.blogspot.com

Comments

  1. Thanks Gan infonya dan tips nya !! Sangat bermanfaat kali !

    ReplyDelete
  2. Thanks gan.. tapi ko lama banget? biasanya emang brp lama sih gan?

    ReplyDelete
  3. tetep aja berkurang kualitas gambarnya gan.. malah ada yag warnanya kacau. ya tapi gak semua juga sih

    ReplyDelete
  4. oh y gan Klo d jdiin kualitas 720p brpa angka yg hrsus d tukar?? mohon pencerahannxa ?!

    ReplyDelete
  5. kenapa keluarnya jadi file mkv yah ?
    ga bias dipilih hasil outputnya yah ?
    trims anyway

    ReplyDelete
  6. gan, ane udah pernah pake cyko nya, lalu folder cyko yang tadinya ada di disc C ane pindah ke disc D. Dan pas ane mau gunain lagi, nggak bisa. Waktu di klik encode nothing happen. Mohon dicerahkan gan!

    ReplyDelete
  7. Gan koq ane malah nambah sihh MBnya yang tdainya 75 Mb jadi 165 Mb...

    ReplyDelete
  8. waww
    kereen ah
    mantep dah
    makasih ya gan
    moga makin jozz
    mampir juga ke kios-bakwan.blogspot.com yaa gan :)

    ReplyDelete
  9. wah makasih ya
    winkomnet.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Gan, itu Value 26 apanya?

    ReplyDelete
  11. gn kok filenya dri mkv jdi mp4 sih

    ReplyDelete
  12. ini subtitlenya jdi rusak gx kk...

    ReplyDelete
  13. makasi mas, kalau gini gampang kan disimpan kedalam flasdis yg minim kapasitasnya

    ReplyDelete
  14. gan, kok suaranya jadi hancur ya pas di cepetin videonya????

    ReplyDelete
  15. Thnkz Sob, siap dicoba tutorial'ny..

    - Blogwalking! -
    fajrin-dimension.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. gan file gue kog malah nambah ya ,, yang tadinya 850 mb kog malah jadi 980 mb ya gimana nih

    ReplyDelete
  17. bermanfaat , tapi agak lama proses encoder nya :D

    ReplyDelete
  18. recomended banget ni programnya, nice info. Tks

    ReplyDelete
  19. makasih infonya gan.. tapi saya mau tanya nih, settingan untuk memperkecil ukuran video dari 88MB ke 5MB gimana yaa???

    ReplyDelete
  20. Thanks gan tutorialnya, amat sangat membantu nih :-) GOODJOB

    ReplyDelete
  21. makasih infonya yah sob...

    ditunggu blogwalking nya

    ReplyDelete
  22. mantap gan, kebetulan nih ane mw upload di youtube tpi sizenya jumbo.. :D

    ReplyDelete
  23. makasih banyak atas infonya gan

    ReplyDelete
  24. akhirnya nemu juga di sini makasih buanyak gan inponya sangat zuper zekaliiiiiiii

    ReplyDelete
  25. terimakasih kawan sudah mau mampir ke blog saya :)
    jangan lupa baca artikel lainnya yaa

    ReplyDelete
  26. kita juga bisa om menggunakan software untuk memperkecilnya :D memperkecil ukuran gambar dengan tinyPNG

    ReplyDelete
  27. klo video Avi/Mkv.dll mau di jadikan Mp4 klik Hardsub yg ada tanda ceklisny

    Yuk yg mau nonton Anime secara Online Streaming bisa kunjungi di
    www.anisubindo.co.vu

    ReplyDelete
  28. terimakasih gan, ini dia yang ane cari selama ini

    ReplyDelete
  29. alpi : bisa gan.. tapi waktu ngompressnya lebih lama.. selamat mencoba

    ReplyDelete
  30. mantap gan, ane udah nyobain dari 50MB jadi 20MB.. nice share gan

    ReplyDelete
  31. Min handbrake ini ga bervirus kan ya?

    ReplyDelete
  32. aman gan app nya, tidak membahayakan komputer

    ReplyDelete
  33. sip gan.. cobain dulu
    SHARING ANIME SUBTITLE INDONESIA |JAPANESE RPG GAME | J-DRAMA seijuronime.blogspot.com

    ReplyDelete
  34. Vakue, Height, dan Bitrate nya itu untuk yg versi 480p ya gan? Saya maunya jadi yg versi 720p, itu settingnya harus gimana? Tolong gan cepat dibalas. Saya kesulitan mengecilkan anime kualitas BD nih.

    ReplyDelete
  35. @SAOlovers : tinggal mengubah weight (pixel)nya menjadi 720p

    ReplyDelete
  36. Makasih infonya, sangat membantu

    ReplyDelete
  37. Terimakasih untuk infonya, dicoba ya gan ntar klo ada kendala ditanya kembali :)

    ReplyDelete
  38. coba dulu softwarenya..

    http://bakanime.us/

    ReplyDelete
  39. makasi atas artikelnya gan.
    sangat membantu akhirnya sekarang saya mengecilkan koleksi video buatan saya^_^

    ReplyDelete
  40. size 148 MB jadi 30 MB butuh waktu berapa lama?

    ReplyDelete
  41. makasih banyak ya min, tertolong banget nih :3

    ReplyDelete
  42. Gan kalau abis di kompres trus di kompres lagi bisa gak? Ada pengaruhnya sama video nya?

    ReplyDelete
  43. kalo untuk video 1080p kok kagak bisa ya.. ane dah coba mentok 108, 0 yang terakhir kagak mau terketik.. apa berarti cuma bisa sampe 720p aja?

    ReplyDelete
  44. Makasih gan tutorialnya berhasil :D

    ReplyDelete
  45. Thanx Min... Sangat bermanfaat...:)

    ReplyDelete
  46. Makasih gan atas solusinya, sekarang saya bisa menghemat size file video saya. Top pokoknya!

    ReplyDelete
  47. gan, settingannya bagaimana biar jadi 720p videonya?

    ReplyDelete
  48. Mas bro, kalo untuk XP bisa gak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar Anda mengenai artikel ini. Terimakasih